Jumat, Maret 13, 2015

Menghafal Al-Quran, Ini Keutamaannya

MENGHAFAL al-Quran merupakan suatu perbuatan yang berstatus hukumnya fardhu kifayah, artinya jika ada orang yang melakukannya gugurlah kewajiban yang lain. Maka, kita patut bersyukur jikalau masih ada orang yang mau untuk menghafal al-Quran. Dan, alhamdulillah, di masa sekarang ini, masih banyak orang yang mau untuk menghafal al-Quran.
Ternyata, apa yang diperintahkan Allah kepada hamba-Nya untuk menghafal al-Quran tidaklah cuma-cuma. Ada keutamaan-keutamaan khusus yang dapat kita peroleh dengan cara menghafal al-Quran. Apa sajakah itu?
1. Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT
Umar bin Khattab RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (al-Qur`an), dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain,” (HR. Muslim).
2. Hafal al-Quran menjadi sumber keselamatan dunia dan akhirat. Hadits Nabi menjelaskan:
عن أبي الدرداء رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : (( مَنْ حَفَظَ عَشْرَ آَيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الكَهْفِ عُصِمَ مِنْ الدَّجَّالِ )) . في رواية : ((من آخر سورة الكهف)
Dari Abu Darda RA sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang hafal 10 ayat awal dari surat Al-Kahfi niscaya dia akan dijaga dari fitnah Dajjal.” Dalam riwayat lain 10 akhir surat Al-Kahfi.
2. Orang hafal al-Quran akan selamat dari api neraka

Rasulullah SAW bersabda,
لَوْ جَعَلَ القُرْآَنَ فِي إِهَابٍ ثُمَّ أُلْقِيَ فِي النَّارِ مَا احْتَرَقَ) رواه أحمد . ويقول أبو أمامة : ( اِقْرَأُوْا القرآن وَلَا تَغَرَّنَكُمْ هَذِهِ المَصَاحِفُ المُعَلَّقَةُ فَإِنَّ اللهَ لاَ يُعَذِّبُ قَلْبًا وعى القرآن.
“Seandainya al-Quran ini dibuat dari kulit kemudian dilemparkan (kulit tersebut) ke dalam api neraka niscaya tidak akan terbakar,” (HR. Ahmad). Dan Abu Umamah berkata, “Bacalah al-Quran dan sungguh mushaf-mushaf al-Quran yang menggantung pada hatimu tidak akan menipumu, karena Allah tidak akan menyiksa hati yang tersimpan di dalamnya ayat al-Quran.”
3. Penghafal al-Quran adalah keluarga Allah ‘Azza wa Jalla
Dari Anas RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia.” Kemudian Anas berkata lagi, lalu Rasulullah SAW bertanya, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda menjawab, “Dialah ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal al-Quran dan mengamalkan isinya).” Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.
3. Menjadi orang yang arif di surga Allah ‘Azza wa Jalla
Dari Anas RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Para pembaca al-Quran itu adalah orang-orang yang arif di antara penghuni surga.”
4. Memperoleh penghormatan dari manusia
Dari Abu Musa Al Asya’ari RA, ia berkata bahawasanya Rasulullah SAW bersabda, “Di antara perbuatan mengagungkan Allah adalah menghormati Orang Islam yang sudah tua, menghormati orang yang menghafal al-Quran yang tidak berlebih-lebihan dalam mengamalkan isinya dan tidak membiarkan al-Quran tidak di amalkan, serta menghormati kepada penguasa yang adil.” []

Sumber:
thythi-sitti.blogspot.com
qultummedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan